Kamis, 22 September 2011

APA ITU REVERSE OSMOSIS ???

Reverse osmosis RO (Osmosis terbalik) adalah suatu metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi(lapisan penyaring). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion. Osmosis adalah sebuah fenomena alam yang terjadi dalam sel makhluk hidup dimana molekul "solvent" (biasanya air) akan mengalir dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah Berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran semipermeabel. Membran semipermeabel ini menunjuk ke membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari "solvent" berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran.
Reverse osmosis adalah sebuah proses pemaksaan sebuah solvent dari sebuah daerah konsentrasi "solute" tinggi melalui sebuah membran ke sebuah daerah "solute" rendah dengan menggunakan sebuah tekanan melebihi tekanan osmotik. Dalam istilah lebih mudah, reverse osmosis adalah mendorong sebuah solusi melalui filter yang menangkap "solute" dari satu sisi dan membiarkan pendapatan "solvent" murni dari sisi satunya.
Proses ini telah digunakan untuk mengolah air laut untuk mendapatkan air tawar, sejak awal 1970-an







3 komentar:

  1. Pagi mas..
    Klo air yg kadar zat besi nya tinggi banget kira2 pake median apa ya?
    Sy udah pake filter yg di isi manganese,karbon dan ziloit tp hasil' y cuma sehari doang jernih nya,besok nya udah keruh lagi..
    Di tunggu jawaban nya ya..
    Makasih mas...
    Email sy dani_amyshop@yahoo.com

    BalasHapus
  2. salam...
    kami dari rsud tamiang Aceh,berencana membangun WTP kapasitas 20 m3/jam air bersih utk keperluan mandi cuci,dengan sumber air sungai, mohon bantuan kirim brosur, rencan awal, gambar, dsb untuk gambaran umum awal, ,trimakasih

    BalasHapus
  3. tlg kirim ke adityarsudtamiang@gmail.com

    BalasHapus